Blog /
4 Alasan Mengapa Sistem Absensi Manual Tidak Lagi Relevan di 2024
–
Di era digital saat ini, manajemen absensi karyawan menjadi semakin penting dan kompleks, terutama dengan adanya berbagai model kerja seperti bekerja dari rumah (WFH), kerja fleksibel, dan tugas luar. Permasalahan yang sering dihadapi adalah karyawan yang kesulitan saat melakukan absen hingga dapat menyebabkan manipulasi lokasi kerja saat WFH, serta perusahaan yang sulit memantau absensi secara real-time, dan kesalahan pencatatan absensi manual. Dengan itu berikut ini terdapat beberapa macam permasalahan yang sering dialami oleh karyawan dan perusahaan serta bagaimana cara mengatasinya :
1. Full WFH (Work From Home)
Dengan meningkatnya tren bekerja dari rumah, tidak jarang membuat karyawan menjadi kesulitan saat melakukan absen apabila perusahaan masih menggunakan sistem absen manual. Bahkan, pihak perusahaan menjadi kesulitan dalam merekap absen karyawan WFH.
2. Dinas diluar
Permasalahan yang dihadapi adalah karyawan yang sering melakukan tugas luar menghadapi tantangan dalam mencatat absensi mereka, terutama ketika mereka berada di lokasi yang jauh dari kantor. Hal ini sering kali menyulitkan mereka untuk menjaga catatan absensi yang akurat dan tepat waktu. Bahkan dapat menyebabkan karyawan memanipulasi lokasi.
3. Kombinasi Masuk Kantor dan WFH
Dalam era kerja yang semakin fleksibel, beberapa karyawan mungkin memiliki jadwal kerja yang tidak selalu konsisten. Mereka dapat bekerja sebagian waktu di kantor dan sebagian lagi dari rumah. Situasi ini membuat manajemen absensi menjadi jauh lebih kompleks, karena harus mengakomodasi berbagai lokasi dan jadwal yang berbeda untuk setiap karyawan.
4. Absensi Masuk Kantor
Karyawan sering menghadapi masalah absensi seperti keterlambatan antrian panjang untuk absensi manual, dan kesalahan pencatatan waktu kehadiran yang dapat mempengaruhi penilaian kinerja dan penggajian.
Baca Juga : Alasan 75% Perusahaan Beralih Menggunakan Absensi Online
Perusahaan memerlukan solusi yang tepat dalam mengatur semuanya menjadi lebih terorganisir dengan baik. Dengan itu, Finpos Absen menawarkan solusi komprehensif untuk mengatasi semua permasalahan absensi tersebut.
- Perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan melakukan absensi dari lokasi yang telah ditentukan, mengatasi masalah ketidakjujuran lokasi saat WFH.
- Finpos Absen juga memungkinkan pencatatan absensi secara real-time, memudahkan karyawan yang sedang bertugas di luar untuk mencatat kehadiran mereka dari mana saja dan kapan saja.
- Untuk karyawan dengan jadwal kerja fleksibel, Finpos Absen dapat mengakomodasi berbagai lokasi dan jadwal, memastikan absensi tercatat dengan akurat.
- Selain itu, sistem absensi otomatis ini menghilangkan antrian dan kesalahan pencatatan manual di kantor, memastikan data kehadiran yang tepat dan mendukung penilaian kinerja serta penggajian yang akurat.